5 Alasan Mengapa Perempuan Harus Berbisnis

pemberdayaan perempuanIsu kesetaraan gender masih jadi perbincangan hangat di mana-mana. Setiap tahun pada tanggal 8 Maret, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional untuk menyuarakan hak-hak kaum wanita.

Salah satu hal yang menjadi sorotan ialah pentingnya kesetaraan gender dalam dunia usaha. Kepemilikan bisnis oleh wanita masih sangat sedikit dibandingkan kepemilikan bisnis oleh laki-laki. Kesempatan berbisnis bagi wanita juga belum terlalu didukung oleh berbagai pihak.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Sebagai wanita, apakah Anda punya keinginan untuk berbisnis? Ataukah Anda hanya ingin menjadi wanita karier yang bekerja di suatu perusahaan, atau bahkan hanya ingin menemukan suami kaya dan kemudian menjadi ibu rumah tangga saja?

Apapun pilihan hidup Anda, itu terserah Anda. Namun, alangkah baiknya jika Anda mau menjadi pengusaha wanita. Sebab ada 5 alasan penting kenapa wanita harus punya bisnis sendiri. Antara lain:

  1. Bisa Mengurus Keluarga Sambil Berbisnis

Jika Anda sudah menikah, Anda masih bisa mengurus suami dan anak-anak sambil berbisnis. Anda hanya butuh dukungan keluarga yang percaya bahwa Anda bisa tetap menjalankan peran sebagai istri atau ibu dengan baik.

Misalnya, Anda bisa menjalankan usaha rumahan. Coba membangun bisnis dari rumah yang waktunya fleksibel. Anda bisa menjadikan rumah sebagai kantor Anda, sehingga Anda bisa bekerja sambil mengurus rumah tangga.

  1. Salurkan Passion Anda Lewat Berbisnis
    Tidak baik jika hanya berdiam diri tanpa menjalankan aktivitas yang produktif. Anda bisa menggunakan waktu Anda sebaik mungkin dengan berbisnis.

Cobalah menyalurkan passion Anda menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Hidup Anda jadi lebih produktif dan bermanfaat. Anda akan puas dan bangga dengan diri sendiri jika Anda bisa memiliki usaha yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Jadilah Wanita Mandiri yang Memiliki Penghasilan
    Wanita harus berbisnis agar dapat menjadi mandiri. Anda bisa leluasa menentukan sendiri berapa penghasilan yang Anda inginkan, dan kemudian mengatur strategi untuk meningkatkan penghasilan.

Berbisnis dapat membuat Anda lebih mandiri. Anda pun bisa lebih menghargai uang dan dapat membantu keuangan keluarga. Anda tidak perlu meminta uang suami jika penghasilan Anda sudah mencukupi.

  1. Dunia dan Wawasan Anda Semakin Luas
    Saat berbisnis, Anda akan berinteraksi dengan banyak orang. Anda akan berhubungan dengan pelanggan, klien, dan sesama pebisnis. Dunia Anda semakin luas karena bisa mengenal banyak orang.

Wawasan Anda juga semakin luas. Anda pasti akan belajar banyak hal saat berbisnis. Hidup Anda bisa lebih positif karena pikiran Anda terbuka dalam melihat berbagai hal.

  1. Memperkecil Risiko dalam Rumah Tangga
    Setiap rumah tangga pasti ada masalah. Ada banyak risiko dalam rumah tangga yang mungkin saja terjadi. Anda tidak tahu kapan masalah muncul. Seperti suami yang tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan, usaha suami bangkrut, atau Anda berpisah dengan suami.

Makanya dengan berbisnis, Anda dapat memperkecil risiko tersebut. Misalnya, jika suami berhenti kerja atau bisnisnya gagal, maka Anda bisa menopang keuangan keluarga lewat bisnis Anda. Jika Anda bercerai atau suami meninggal, maka Anda akan lebih siap untuk mandiri karena sudah punya bisnis sendiri.

ah, itulah alasan kenapa wanita harus berbisnis. Hilangkan paradigma bahwa pria lebih mampu dari wanita. Anda juga bisa kok menjadi pengusaha yang sukses. Oleh sebab itu, jangan berdiam diri melihat kesuksesan orang lain. Ayolah memulai bisnis impian Anda dan buktikan bahwa wanita juga tangguh di dunia usaha.